Minggu, 05 Agustus 2012

Logo Diri

From Not Believe Become Reality


Hai para pembaca... Hari ini saya akan menuliskan blog tentang diri saya... Blog kali ini akan menjadi blog terakhir ku di semester pendek ini pada pelajaran Konsep Desain Grafis, semoga saja nilainya baik-baik saja..hehehe

Tugas kali ini sudah menjadi tugas ketiga dengan tema yang sama yaitu menggambarkan diri sendiri dalam bentuk abstraksi logo atau desain grafis... Awalnya saya menggambarkan diri saya dengan gambar orang yang tangannya di angkat (tarian toraja) dan inisial nama VL tetapi menurut Dosen Grafis saya logo gambar tidak menentukan pribadi orang tersebut dan logo gambar mempunya makna yang terlalu luas dalam artian mungkin akan ada orang lain yang mempelajari tarian toraja dan mungkin mempunyai inisial nama VL..

Lalu untuk tugas kedua saya menggambarkan diri saya secara lebih spesifik yang mungkin tidak terpikir oleh orang lain untuk menggambarkannya.. Berikut akan saya tampilkan gambarnya terlebih dahulu lalu akan saya ceritakan maksud dari logo ku ini..
Logo Kedua


Nah, saya akan bercerita sedikit apa makna logo kedua saya itu.. Jika dilihat sekilas logo saya ini seolah-olah sedang menggambarkan rumah toraja dan penari.. Tetapi sebenarnya banyak makna yang kurang dimengerti orang, gambar yang dominan orange merupakan topi penari yang sebenarnya meniru rumah adat toraja, warna orange mempunyai makna warna hiasan yang digunakan untuk menari.. Corak hijau merah merupakan corak yang digunakan di pakaian penari toraja.. Atap rumah yang ditebalkan itu merupakan kesengajaan supaya teman-teman dapat melihat adanya huruf V yang ingin ditekankan di gambar di mana V itu merupakan inisial nama ku yaitu Venesia.. Gambar tangan menunjukkan penari dan warna kuning di tangan merupakan warna baju penari toraja. Jadi teman - teman sudah bisa menyimpulkan apa maksud logo itu, kalau teman - teman masih kurang mengerti maka saya akan menjelaskan lebih detail lagi di desain grafis ku yang ketiga ini..hehe




Logo Ketiga


Untuk tugas yang ketiga ini saya membuatnya dengan bentuk desain grafis.. Lebih banyak ide yang dapat saya tuangkan saat membuat logo ketiga saya ini di mana pada logo ketiga terlihat lebih simple tetapi semua makna yang ingin saya tuangkan ada di dalamnya... Konsepnya tetap sama di logo kedua tetapi ada komponen yang tidak terdapat di logo kedua seperti gambar mahkota, teks dan latar yang berwarna merah, biru, merah... Terlebih dahulu saya akan bercerita kenapa sampai saya bisa membuat logo seperti ini lalu akan menjelaskan keterkaitan cerita dengan desain grafis di atas:

Saya adalah mahasiswi STIMIK Kharisma Makassar, di mana pada saat acara Dies Natalis Kharisma (ulang tahun Kharisma) diadakan acara-acara untuk memeriahkan Dies Natalis Kharisma.. Salah satu acaranya yaitu Pemilihan Putra dan Putri Kharisma yang diadakan setiap tahun, setiap jurusan wajib untuk mengirim wakilnya.. Dan saya yang dipilih untuk mewakili jurusan ku (TI GKM 2010), saat itu saya sudah menolak karena yakin tidak mampu, tidak percaya diri dan pasti kalah tetapi teman - teman setiap hari mensupport saya untuk ikut karena jika tidak maka akan kehilangan point.. Akhirnya saya ikut, pada saat unjuk bakat di acara Pemilihan Putra dan Putri Kharisma saya menampikan tarian adat toraja di mana membuat banyak orang tertarik untuk melihatnya.. Pada saat akhir acara dan akan dipilih pemenangnya, saya masih tidak percaya kalau saya bisa menjadi Putri tetapi hasil pengumuman menyatakan kalau saya yang menang dalam kompetisi pemilihan Putra dan Putri Kharisma 2012.. Menurut kebanyakan orang, saya menang karena tarian toraja yang saya bawakan pada saat tunjuk bakat..


Saya akan mengaitkan makna dari desain grafis yang saya buat dengan cerita di atas :
- warna background yang merah, biru, merah merupakan warna tulisan STIMIK Kharisma Makassar yang sudah dikenal dengan banyak orang.. STIMIK (merah), Kharisma (biru) dan Makassar (merah)
- huruf V yang berarti  inisial nama saya yaitu Venesia
- corak dalam huruf V merupakan corak untuk pakaian penari toraja yang berwarna hijau dan merah
- warna dasar di huruf yang berwarna orange dan kuning-kuning di mana pakaian penari toraja berwarna kuning dan hiasan untuk pakaiannya berwarna orange
- gambar mahkota yang menunjukkan kalau saya adalah pemenangnya
- teks yang bertuliskan From Not Believe Become Reality artinya awalnya saya sangat tidak percaya diri, tidak mampu ternyata semua menjadi kenyataan kalau saya yang menjadi juaranya (putri)
- huruf V yang saya bentuk seolah - olah menggambarkan tangan yang terbuka (tarian toraja) yang banyak diingat orang - orang oleh sebab itu huruf V sengaja dibuat tidak lurus - lurus saja tetapi melengkung


Di logo ku yang ketiga ini saya berusaha untuk menerapkan prinsip - prinsip desain yang dipelajari di kampus tetapi saya belum tahu apakah hasilnya akan maksimum sesuai keinginan ku..hehe
Prinsip - prinsip yang saya maksud :
- saya mulai menggunakan bentuk - bentuk dasar untuk memainkan desain ku contohnya huruf V yang saya bentuk dari lingkaran yang
- mempunyai titik fokus di mana yang saya maksud titik fokus ada di huruf V
- penempatan teks yang tidak terlalu bersandar di bawah karena menurut saya bila terlalu ke bawah maka tidak balance dengan objek - objek di atas tetapi jika di naikkan sedikit seperti logo di atas terlihat lebih balance (menggunakan feeling)
- corak - corak dalam huruf V membentuk irama (rhythm)
- peletakkan huruf V yang tidak terlalu ke kiri dan tidak terlalu di tengah yang membuat balance antara sisi kiri dengan sisi kanan walaupun merupakan keseimbangan asimetri
- warna lebih mengarah ke warna analogous menurut saya karena warnanya bersebelahan contoh merah dengan biru, kuning dengan hijau


Sekian cerita dari saya tentang logo dan desain grafis dari saya.. Semoga saya sepaham dengan teman - teman pembaca..hehehe
Jangan lupa di komentari ya..:-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar