Sabtu, 28 April 2012

GIF

Haii teman - teman, ni blog ketiga ku lo... Ngak nyangka ya udah nulis sampe blog ke-3.. Gi mana blog kedua?? Apa masih kurang jelas?? Atau sudah lebih bagus dibanding blog pertama? Teman-teman komentari ya, biar saya tahu kekurangan - kekurangan dari blog ku ini..:-)

Nah, topik kali ini tentang contoh format file raster.. Sebagai contoh, saya akan mengangkat format file GIF untuk saya bahas. Ayooo, GIF itu seperti bagaimana? Teman - teman sudah paham belum tentang GIF??  Saya mengutip GIF dari berbagai sumber lalu saya pahami kemudian di  kembangkan dan dirangkum  dengan kata - kata sendiri. Saya akan mecoba memaparkan yang saya pahami ya....


Format File GIF
 
Graphics Interchange Format atau biasa disingkat menjadi GIF merupakan file format raster yang kebanyakan digunakan untuk desain website. GIF pertama kali dikenalkan oleh CompuServe, diciptakannya format file GIF disebabkan karena format file JPEG mengalami banyak kehilangan data saat di kompresi sehingga menyebabkan kualitas gambar menurun sering kali disebut lossy compression. GIF sendiri merupakan lossles compression di mana format file GIF tidak mengalami kehilangan data tetapi mengalami kehilangan warna menjadi ukuran indexnya yaitu 256 sehingga apabila gambar sebelumnya kaya akan warna akan mengalami penurunan hingga gambar sudah tidak terlihat seperti realistis.


GIF sering kali digunakan untuk membuat logo yang tidak mempunyai gradien, barner, iklan. GIF menamping 8 bit per pixelnya, oleh karena itu index warna di GIF kurang. GIF merupakan format file raster yang berbayar. GIF mempunya Alpa Chanel yang berfungsi untuk transparansi tetapi dengan 8 bit maka kadangkala Alpa Chanel pada GIF seperti tidak tampak (kurang). Format file GIF berekstensi .gif (huruf kecil semua).


Sekian penjelasan saya mengenai GIF, selanjutnya saya akan mecoba membandingkan format file GIF dengan format file lainnya yang juga merupakan format file raster. Yuk...



Perbandingan GIF dengan PNG

GIF mempunyai banyak kekurangan jika dibandingkan dengan PNG. PNG diciptakan untuk melengkapi segala kekurangan pada format file GIF. Perbandingannya :
  • GIF dan PNG sama - sama merupakan lossles compression tetapi kehilangan warna yang terjadi di GIF lebih lebih banyak dibandingkan dengan PNG, PNG sangat jarang mengalami kehilangan warna
  • GIF tidak mempunya Gamma (terang gelap citra) sedangkan PNG punya
  • Index warna di GIF terbatas yaitu 256 sedangkan PNG mempunyai index warna yang lebih banyak
  • GIF mendukung untuk melakukan animasi sedangkan PNG tidak mendukung pengolahan gambar untuk animasi
  • GIF dapat menampung 8 bit per pixel sedangkan PNG dapat menampung 24 bit per pixel
  • GIF banyak digunakan untuk desain web sedangkan PNG masih tidak didukung untuk desain web


Nah, sekarang teman - teman sudah dapat membedakan anatara format file GIF dengan format file PNG kan.. Jangan lupa dibandingkan dengan format file raster JPEG, di atas ada disinggung sedikit apa yang terjadi dengan format file JPEG jika di kompresi. Sekarang saya akan coba menampilkan gambar untuk teman - teman coba bandingkan ya, apakah betul yang saya tulis di atas atau teman - teman masih sulit untuk melihat perbedaannya..hehehe:-)


Sekian ya tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat untuk teman - teman. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya.. Jangan lupa untuk di komentari ya.. hehehe:-) bye bye....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar