Sabtu, 07 Juli 2012

DESAIN GRAFIS

Wah, sudah lama ni tidak menulis... Teman - teman sudah menunggu ya tulisan baru dari saya. Kali ini saya akan menulis tentang Desain Grafis yang saya pahami. Semoga ini bermanfaat buat teman - teman pembaca ya...


Menurut teman - teman apa sih Desain Grafis itu??

Awalnya sebelum saya mengerti tentang Desain Grafis saya menilai Desain Grafis itu adalah membuat gambar dengan komputer. Tetapi setelah saya mendapat ilmu dari kampus saya mulai paham kalau desain grafis itu tidak hanya sebatas membuat gambar.

  
Dengan pemahaman saya yang sekarang, saya bagi Desain Grafis menjadi 2 kata yaitu desain dan grafis. Grafis yaitu gambar yang mempunyai makna, di mana gambar dapat di lihat oleh sistem penglihatan manusia karena adanya cahaya yang memantulkan gambar tersebut.
Dan desain yaitu teknik membuat / menggambar, di mana desain yang di maksudkan di sini adalah teknik membuat / menggambar yang menghasilkan makna dari gambar.

Jika digabungkan kedua kata ini maka Desain Grafis berarti teknik membuat atau menggambar melalui pengolahan citra digital (komputer) yang mempunyai makna dan menghasilkan suatu gambar yang dapat dilihat oleh sistem penglihatan manusia dengan bantuan cahaya.
Makna yang dihasilkan dari gambar yang akan menjadi komunikasi visual untuk pembuatnya menyampaikan informasi, pesan, dan perasaannya kepada orang-orang yang melihat.


Di dunia nyata sekarang ini telah banyak orang yang menggunakan Desain Grafis, salah satunya dalam pembuatan logo, pembuatan baliho, dan lain - lain. Selain itu karya dari Desain Grafis merupakan sarana mencari uang yang baik karena belum banyak orang yang paham makna dan cara pembuatan gambar yang didesain dengan grafis. Desain grafis dinilai mahal karena adanya ide yang mempunyai makna yang dituangkan / dibuat di komputer.


Contoh gambar desain grafis (gambar dikutip dari google) :




         Makna dari gambar :

                                             Menggambarkan orang - orang yang membentuk kesatuan.

 
Menurut penalara saya dari gambar ini, makna dari membetuk kesatuan ini berhasil menjadi komunikasi visual bagi orang yang melihat gambar ini karena setelah melihat gambar ini maka kita akan turut merasakan kesatuan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar